Tips Bisnis Sukses

Sebuah usaha tidak bisa dikatakan bertahan lama ataupun dikatakan berhasil jika usaha tersebut belum berusia diatas 5 tahun. Namun, untuk mempertahankan suatu bisnis agar tetap berjalan bahkan berkembang, diperlukan beberapa usaha-usaha yg memang tidak mudah. Berikut kiat-kiatnya untuk membantu kamu mengembangkan usaha yg sukses, yang diambil dari beberapa artiket dan internet. Tips agar bisnis sukses

1. Siap Mental
 Resiko membuka usaha lebih besar ketimbang kita menjadi karyawan suatu perusahaan salah satunya risiko kehilangan seluruh modal yang kamu investasikan. Karena itu kamu memerlukan mental yang kuat sebab bisnis kamu memiliki kemungkinan untuk sukses besar, namun juga bisa gagal total. Walaupun begitu,keberhasilan tetap ada di tangan kamu!

2. Selektif
 Ada begitu banyak ragam usaha yang bisa kamu jalankan dan kamu harus memilih satu untuk kamu fokuskan. Untuk membantu kamu membuat keputusan, kamu bisa mencari peluang yang ada di pasar atau justru menciptakan pasar baru. Jika kamu memilih untuk mencari peluang, maka kamu harus tanggap memperhatikan apa yang masyarakat butuhkan. Contohnya, jika kamu melihat banyaknya ibu yang terpaksa harus meninggalkan anaknya karena harus bekerja, maka kamu bis memanfaatkan peluang ini dengan membuka tempat penitipan anak. Atau kamu bisa membuat pasar sendiri dengan keahlian yang kamu miliki. Kamu mungkin ahli dalam masakan India dan sama sekali belum ada di pasar. Dengan pemasaran dan kualitas produk yang bagus, kamu bisa menciptakan tren baru dan membuat pasar malah membutuhkan produk kamu.

3. Perencanaan Bisnis
 Perencanaan sangat penting, baik usaha kamu kecil atau juga besar sehingga usaha tersebut tidak hanya mengambang begitu saja dan suatu saat kamu bisa melihat kembali kerangka bisnis yang sudah buat. Rencana bisnis juga memudahkan kamu jika ingin mengajukan pinjamaan ke bank. Pegawai bank akan bisa melihat prospek yang kamu punya sehingga memudahkan kamu memperoleh pinjaman. Di dalam rencana bisnis, ada 3 hal yang perlu kamu catat yaitu: Diskiripsi Bisnis, Target Konsumen, Bentuk Bisnis, Sumber Daya Manusia, Keuangan.

4. Sering Melakukan Evaluasi
 Lanjutkan perkembangan usaha kamu dengan memantapkannya. Langkah awal dalam menstabilkan usaha adalah dengan melakukan evaluasi. Evaluasi yang dilakukan secara teratur akan mempertahankan dan meningkatkan mutu usaha kamu. Contohnya, kamu bisa mencari feed back- dan memberikan penerangan kepada para karyawan setiap 3 bulan sekali.

5. Mengembangkan Secara Terus-Menerus
 Upayakan agar kamu bisa menangkap sekecil apapun peluang yang ada dan gunakan perhitungan yang matang karena sebagai seorang pengusaha, kamu harus cermat serta jeli melihat peluang-peluang di pasar.

6. Cerdik Dalam Menghadapi Kompetitor
 Adanya pesaing adalah hambatan untuk berhasilnya suatu usaha. Karena itu, kamu harus cerdik dalam menghadapai mereka. Cari perbedaan antara produk kamu dengan produk mereka sehingga kamu mempunyai nilai lebih (added value) jika dibandingkan dengan mereka. Misalnya, dalam usaha fotocopy kamu memberikan kupon undian pada pelanggan dengan pembayaran di atas Rp 50.000,- yang akan diundi setiap 6 bulan sekali.

7. Menjaga Hubungan Baik
 Berhubung usaha anda sangat besar dipengaruhi oleh konsumen, maka kamu harus bisa menjaga hubungan tetap langgeng dengan mereka degan serius menanggapi saran dari mereka, memberi bingkisan hari raya, sekali-kali memberi diskon atau juga dengan hanya sekedar tersenyum ramah menyapa dan ngobrol dengan mereka.

8. Jeli Mencari Pelanggan
 Kunci sukses untuk bisnis kamu adalah melalui teknik pemasaran. Sebagai tahap awal kamu mungkin perlu ekstra usaha yakni mungkin dengan melakukan door-to-door menawarkan produk. Selanjutnya baru memasarkan produk dengan sistem imbalan dan seterusnya.

9. Belajar dari Kegagalan
 Setiap usaha tidak akan pernah ada yang lepas dari mengalami kegagalan, karena memang kegagalan berjalan seiringan dengan keberhasilan. Proses ‘Jatuh’ dan ‘Bangun’ yakni masa laris tidak laris adalah sesuatu yang wajar. Asalkan ketika anda jatuh, jangan langsung patah semangat dan kemudian berpikir untuk menutup usaha alias gulung tikar, sebaliknya lakukan evalusi mungkin dengan mencari inspirasi untuk menciptakan produk dan jasa baru yang akan semakin menjadikan usaha kamu menarik, membaca kiat sukses para wirausahawan (businessman) dan bagaimana cara mereka melewati masa-masa sulit, mencoba teknik pemasaran yang baru, dan harus terus Belajar.

 

Sumber : rahasia diva