Parfum terbuat dari alkohol yang dikombinasikan dengan minyak esensial (minyak atisiri) atau penguat aroma kimia.

Parfum atau wewangin memiliki banyak jenis. Parfum sebenarnya merupakan wewangian dengan kandungan minyak esensial paling besar.

Parfum umumnya mengandung hingga 30% minyak esensial, sedangkan Cologne hanya mengandung sekitar 1-2% minyak esensial.

Beberapa parfum hanya memiliki satu aroma seperti verbena namun sebagian besar memiliki kombinasi beberapa aroma.

Penting untuk diingat bahwa parfum bereaksi berbeda ketika disemprotkan pada orang yang berbeda.

Ini disebabkan setiap orang memiliki susunan kimia tubuh yang berbeda sehingga akan menciptakan aroma yang unik setelah parfum disemprotkan ke tubuh.

Itu sebab Anda harus mencoba parfum langsung pada kulit sebelum membelinya. Aroma yang tampak menyenangkan belum tentu akan cocok ketika telah disemprotkan ke tubuh.

Parfum atau wewangian umumnya dikelompokkan menjadi 6 macam:

  1. Florals: melati, lilac, kacapiring, mawar
  2. Herbal: lavender, bay, sage
  3. Exotic: musk, ylang-ylang, vanili
  4. Spice: kayu manis, jahe, cengkeh
  5. Wood: pinus, cendana, cedar
  6. Fruit: lemon, jeruk, persik

Parfum dapat dibuat di rumah dengan menggunakan gliserin atau minyak jarak. Sedang parfum komersial sering pula ditambahkan dengan minyak kesturi agar lebih tahan lama. Namun, saat ini telah ditemukan banyak bahan kimia lain yang juga bisa ditambahkan dalam parfum.

Salah satu parfum yang paling dikenal di dunia adalah Channel No. 5. Parfum ini diberi nama demikian karena saat sedang diuji coba, botol wadahnya diberi label nomor 5.

Saat ini berbagai rumah desainer terkemuka juga terjun dalam bisnis parfum. Christian Dior misalnya, menawarkan beberapa parfum termasuk: J’adore, Diorella, Diorissimo Dolce Vita, Miss Dior, dan Diorissimo.

Selebriti juga mulai meminjamkan namanya menjadi merek parfum seperti “Lovely,” oleh Sarah Jessica Parker.

Agar aroma parfum tetap terjaga, pastikan untuk menyimpan botol parfum jauh dari suhu tinggi dan cahaya matahari langsung.

Harga parfum bervariasi mulai dari beberapa puluh ribu hingga hampir 2 milyar rupiah untuk parfum Imperial Majesty, dengan aroma khusus oleh Clive Christian.

Parfum ini dikemas dalam sebuah botol kristal Baccarat yang dihiasi dengan berlian lima karat dan kerah botol yang terbuat dari emas

 

sumber